Advertisement

SEJARAH ASAL USUL CANDI MENDUT - HISTORY OF JAVA


Bangunan Bersejarah Candi Mendut merupakan candi Yang bercorak Kental Buddha. Letak Candi ini ada di Jalan Mayor Kusen daerah Kota Mungkid, Tepatnya Didaerah Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Mendut Merupakan candi Yang berada Di dekat Candi Borobudur Dengan Jarak sekitar 3 kilometer.

Raja Indra Di wangsa Dinasti Syalendra merupakan Pendiri Bangunan Peninggalan Kuno ini. J.G. de Casparis Seorang Arkeolog Belanda Menyebutkan didalam Prasasti karangtengah yang Bertanggal 824 Masehi Mengungkapkan Bahwa raja Indra Membuat bangunan suci Yang Disebut wenuwana atau artinya adalah hutan bambu. Dan semua ini diyakini masih berhubungan dengan Candi Mendut.

Candi Kuno Peninggalan Budaya Buddha Ini memiliki Tinggi 26,4 Meter Dengan 48 Stupa dan Didirikan di daerah Yang tinggi. Hampir semau arsitekturnya dibangun dengan batu alam Yang kokoh. Menurut Sejarah Yang tercatat candi ini dibangun DI tahun 824 Masehi.

Banyak sekali Relief Makhluk-makhluk kahyangan Yang menghiasi Mendut ini. Mereka adalah seekor garuda, Relief dewata gandarwa dan apsara selain itu ada Juga gambar bidadari dan dua ekor kera.

Candi Mendut Ditemukan Tahun 1836 dan mulai ada perbaikan pada Tahun 1897 sampai 1904 Karena masih kurang maksimal akhirnya Theodoor van Erp memperbaiki Puncak candi pada Tahun 1908 dan Di tahun 1925 stupa candi Banyak yang disusun Kembali

Oiya Saat ini Vihara Buddha Mendut sudah dibangun bersebelahan dengan Bangunan Candi ini. dulu sebenarnya vihara buddha ini merupakan Biara Katolik namun ditahun 50an bangunan ini dibeli Yayasan Buddha dan dibangunlah Vihara ini dan ada sebuah patung buddha dari jepang disana ini gambarnya


Ada Banyak relief Di Candi Mendut ini salah satunya adalah

1. Relief Brahmana dan seekor kepiting

2. Relief Angsa dan kura-kura

3. Relief Dharmabuddhi dan Dustabuddhi

4. Relief Dua burung betet yang berbeda


Setiap Relief Memiliki Makna Yang berbeda Beda.

Selain Memiliki Banyak relief Candi mendut ini memiliki 3 patung Besar Yaitu Cakyamuni, Awalokiteswara sebagai Bodhi Satwa, dan Maitreya sebagai penyelamat manusia menurut kepercayaan agama buddha.

Candi Mendut ini sering dijadikan tempat merayakan upacara agama buddha Waisak pada bulan Mei tepatnya pada malam bulan purnama . Saat perayaan in berlangsung banyak sekali peziarah dari Indonesia maupun manca negara Yang ikut mengunjungi candi mendut.

Untuk Membaca Lebih Detail Mengenai Sejarah asal usul Pembuatan Dan Pendirian Candi Mendut ini Silakan Dibaca Ebook Yang saya Sediakan Dibawah ini.
Sobat Juga Bisa Mendownload Ebook Sejarah Candi Mendut ini dan Menjadikanya Print Hard Copy agar mudah dibaca. Silakan Klik Link Ini

Dan Ini Video Candi Mendut Yang Mengabadikan bangunan Bersejarah Ini
Semoga Sedikit Kisah Sejarah Pendirian Candi Mendut ini Bisa berfungsi dan Bermanfaat Untuk Sobat semua. Jangan lupa Komentarnya ya
Advertisement
thumbnail
Judul: SEJARAH ASAL USUL CANDI MENDUT - HISTORY OF JAVA
Rating: 100% based on 9999999 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait SEJARAH ASAL USUL CANDI MENDUT - HISTORY OF JAVA:

Apa Komentarmu Tentang SEJARAH ASAL USUL CANDI MENDUT - HISTORY OF JAVA ?